Cara membersihkan lantai kayu (parket) yang benar

  • Sapu secara rutin.

Karena lantai kayu lebih mudah menyerap air dan kotoran, pastikan untuk menyapu lantai kayu (parket) secara rutin agar debu dan kotoran tidak menempel terlalu lama dan akhirnya menumpuk pada lantai kayu anda. Gunakan sapu dengan bulu yang lebut atau lebih mudah menggunakan alat penyedot debu (Vacuum Cleaner).

  • Pel Lantai.

Setelah menyapu lantai hinggal besih dari debu, lanjutkan dengan mengepel. Sebelumnya, pastikan apakah lantai kayunya memiliki lapisan atau tidak. Lapisan ini bisa berupa lapisan pernis atau lilin. Jika lantai kayu memiliki lapisan anti air, campurkan chemical pembersih lantai kayu dengan air hangat. Pilih pembersih yang memiliki kualitas baik. Masukkan kain pel dan peras hingga sisa air hanya sedikit. Pel lantai dengan gerakan memutar lalu keringkan dengan air bersih. Jika lantai kayu tidak memiliki lapisan anti air, campurkan chemical pembersih lantai dengan sedikit air biasa, lalu oleskan pada lantai kayu. Setelah itu, keringkan hingga benar-benar kering agar lantai tidak cepat rusak.

  • Memilih kain pel dengan bahan yang benar.

Untuk menjaga keawetan lantai kayu, pilih kain pel yang menggunakan bahan katun dengan kualitas baik. Saat mengepel, peras kain pel dengan kuat, jangan kain pel terlalu basah saat proses pengepelan.

  • Pel dua kali.

Setelah menggunakan pel yang lembab atau sedikit basah pada proses pengepelan pertama, lalu lanjutkan pengepelan ke dua dengan menggunakan kain pel kering dan bersih.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *