Cara Menghilangkan Stiker Menggunakan Produk Rumah Tangga

Persiapan:

  • Kenakan sarung tangan sekali pakai dan lindungi ruang kerja Anda. Sebagian produk rumah tangga yang digunakan dalam metode ini dapat mengiritasi kulit (untuk kulit sensitive). Pastikan Anda mengenakan sarung tangan karet untuk menghindarinya. Apabila Anda ingin membersihkan sisa stiker di meja atau meja dapur, pastikan permukaannya telah ditutup dengan koran sebelum Anda melanjutkan.
  • Pilihlah bahan yang tepat untuk permukaan benda yang ingin dibersihkan. Bahan pembersih yang tepat akan tergantung pada permukaan yang ingin dibersihkan serta jumlah sisa stiker yang menempel di sana. Jangan menggunakan bahan yang mengandung minyak pada permukaan berpori, dan berhati-hatilah ketika menggunakan bahan korosif (misalnya cuka) pada logam dan batu. Beberapa bahan rumah tangga bisa lebih efektif daripada produk yang dirancang khusus untuk membersihkan sisa stiker.

 

Metode:

  1. Gunakan jari untuk menggulung sisa stiker menjadi berbentuk bola. Ini akan lebih efektif apabila sisa stiker masih baru dan tidak terlalu kenyal. Gosokkan jari di sepanjang sisa stiker dengan tekanan yang konstan. Sisa stiker akan tergulung menjadi bola yang bisa diangkat dari permukaan dengan mudah.
  2. Kikis sisa stiker menggunakan gunting, pisau, atau kartu kredit bekas. Apabila Anda menggunakan benda tajam, sejajarkan posisi mata pisau dengan permukaan benda tersebut. Jika tidak, Anda bisa mengiris permukaan benda yang hendak dibersihkan. Gunakan saja kartu kredit agar Anda bisa mengikis sisa stiker dengan lebih leluasa tanpa berisiko merusak permukaan benda.
    • Berhati-hatilah ketika menggunakan gunting atau pisau di permukaan yang terbuat dari logam atau kaca karena bahan ini mudah tergores. Cobalah menggunakan metode lain untuk menghilangkan sisa stiker yang menempel pada logam atau kaca.
    • Pastikan Anda mengikis ke arah luar tubuh agar Anda tidak terluka.
  3. Lilit jari Anda dengan selotip, kemudian tekankan pada sisa stiker. Pastikan selotip tersebut membentuk cincin yang ketat di sekitar jari telunjuk dan jari tengah dengan bagian yang lengket berada di luar. Tekan jari Anda ke permukaan yang terkena sisa stiker dan tarik jari tersebut. Sisa stiker akan menempel pada selotip. Ulangi langkah ini hingga semua sisa stiker terangkat.
    • Apabila daya lengket pada selotip sudah jauh berkurang sebelum sisa stiker hilang sepenuhnya, Anda dapat memutar cincin selotip tersebut atau menggantinya dengan yang baru.
  4. Gosok sisa stiker menggunakan lap basah.Anda dapat menggunakan kain lap basah atau tisu basah. Gosokkan bahan ini hingga permukaan benda tersebut tidak lengket lagi. Mungkin Anda harus membiarkan permukaannya kering terlebih dahulu dan menggosoknya beberapa kali lagi hingga sisa stiker benar-benar hilang.
  5. Gunakan alkohol untuk hampir semua permukaan benda.Mungkin ini merupakan pilihan terbaik karena tidak meninggalkan bekas apa pun, cepat kering, dan merupakan bahan yang paling baik untuk menghilangkan sisa stiker yang lengket.  Apabila Anda tidak mempunyai alkohol, gunakan saja vodka (minuman keras Rusia). Jangan menggunakan minuman alkohol yang rasanya manis seperti rum (minuman keras hasil fermentasi tebu) karena minuman ini juga meninggalkan bekas yang lengket.
    • Basahi lap atau kain dengan alkohol, kemudian gosok permukaan yang terkena sisa stiker dengan kuat.
    • Sesudah menggosok sekitar 15 detik, periksa permukaan tersebut untuk melihat seberapa banyak sisa stiker yang masih menempel. Teruskan menggosok hingga permukaannya bersih dari sisa stiker.
  6. Gunakan minyak goreng untuk permukaan yang tidak berpori.Biarkan minyak goreng meresap ke dalam sisa stiker yang lengket agar Anda lebih mudah membersihkannya. Minyak goreng sangat cocok untuk permukaan yang sensitif karena tidak mengandung bahan kimia yang keras. Akan tetapi, beberapa benda dapat menyerap minyak dan menimbulkan noda. Jangan digunakan pada permukaan berpori seperti kain atau kayu. Apabila Anda tidak yakin, lakukan pengujian di lokasi yang tidak terlihat. Jika minyak goreng tidak meninggalkan bekas, Anda dapat melanjutkan.
    • Celupkan tisu ke dalam minyak dan letakkan di atas permukaan yang terdapat sisa stiker.
    • Tunggu selama beberapa menit agar minyaknya meresap ke dalam sisa stiker yang lengket.
    • Angkat tisu tersebut, kemudian kikis atau gosok sisa stikernya
  7. Gosok sisa stiker dengan cuka.Walaupun ini memerlukan upaya yang lebih keras daripada metode alkohol, Anda bisa membersihkan sisa stiker dengan lebih mudah jika menggunakan cuka. Untuk mendapatkan larutan yang bagus, campurlah cuka dengan sedikit air. Jangan menggunakan cuka pada batu, marmer, aluminium, atau besi tuang. Cuka dapat merusak benda-benda tersebut.
    • Basahi kain atau lap dengan cuka dan gosokkan pada permukaan yang terkena sisa stiker dengan kuat.
    • Setelah menggosok selama sekitar 15 detik, periksa permukaan tersebut untuk melihat seberapa banyak sisa stiker yang masih menempel. Teruskan menggosok hingga permukaannya bersih dari sisa stiker.
  8. Oleskan selai kacang pada sisa stiker.Ini merupakan Alternatif yang aman untuk produk yang bersifat asam karena sifat lembut dari selai kacang sangat cocok untuk menghilangkan sisa stiker yang lengket. Apabila Anda tidak tahu bahan apa yang bisa digunakan untuk permukaan tertentu, selai kacang merupakan pilihan yang aman.
    • Oleskan selai kacang pada permukaan yang terkena sisa stiker dan biarkan menempel di sana selama 15 menit.
    • Seka selai kacang tersebut. Sebagian besar sisa stiker akan ikut terangkat bersama selai kacang.
  9. Gunakan produk khusus seperti Action 150 (solvent base).Produk ini dirancang khusus untuk membersihkan noda membandel. Sangat mudah untuk menghilangkan sisa stiker.
    • Ikuti petunjuk yang ada di kemasannya (SMDS).
    • Spray permukaan yang ingin dibersihkan.
    • Gosok dengan lap halus.
    • Bilas dengan air, kemudian lap kembali dengan lap kering untuk mengeringkan permukaan.
  10. Hilangkan sisa stiker menggunakan mayones.Mayones mengandung minyak dan cuka sehingga sangat cocok untuk menghilangkan sisa stiker. Akan tetapi, jangan digunakan pada permukaan berpori, misalnya kayu, plastik, dan kain karena bisa meninggalkan noda.
    • Oleskan mayones pada sisa stiker.
    • Gosok permukaannya hingga sisa stiker hilang.

 

Rekomedasi Produk:

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *